Design Untuk Percetakan

Dunia design amat luas, hingga begitu banyak design yang ada dari mulai design graphic, design web, design 3D, design arsitektur, design interior dan masih banyak lagi.

Saya ga bicarain design itu semua karena menurut saya sudah banyak tutorialnya, nah yang mau saya bahas disini adalah design untuk cetak karena ternyata banyak designer professional yang belum tau tentang design untuk proses cetak, sebagian memang memiliki design yang luar biasa bagus cuman begitu masuk ke proses cetak amat sangat merepotkan, dan banyak masalah di antaranya akan saya jabarkan secara singkat.

Kesalahan yang sering dilakukan design professional adalah diantara :

1.   Warna text yang berukuran kecil tidak solid atau dengan kata lain terdiri dari 4 warna, padahal untuk proses cetak, warna text yang lebih dari satu warna apalagi jika text tersebut berukuran kecil amat sangat sulit, karena saat cetak design akan dibagi menjadi 4 warna (CMYK) yaitu Cyan, Magenta, Yellow dan Black, nah bayangkan kalo warna text tersebut lebih dari satu warna akan terjadi distorsi apabila terjadi pergeseran karena gerakan mesin atau paskrisnya tidak register, dengan kata lain untuk warna text yang berukuran kecil usahakan hanya satu warna hitam atau paling tidak warna putih pada background berwarna.

2.   Warna Hitam pada design untuk sebagian design pro ada yang sudah mengetahui apabila ingin warna hitam lebih mencolok atau lebih jreng warnanya di tambar warna Cyan 20% atau ada juga yang menggunakan warna Register (Cyan 100%, Magenta 100%, Yellow 100% dan Black 100%) hanya saja cukup beresiko jika background nya berwarna putih atau terang, karena jika bergeser akan terlihat kotor pada bagian sisi luar warna hitam tersebut, untuk lebih amannya memang cukup hanya menambahkan warna Cyan 20%.

3.   Warna overprint biasa akan otomatis aktif apabila kita menggunakan warna Black 100%, tapi jangan salah karena kadang kadang warna overprint bisa terdapat pada warna lain, hal ini disebabkan pada saat design pertama menggunakan warna Black 100% dan karna suatu hal warna diganti tanpa melihat option overprint pada tool color setting terlebih dahulu apa overprint nya sudah off apa on, hal ini sangat fatal pada percetakan, apabila warna yang overprint adalah warna hitam pada background bergambar atau berwarna pelangi akan menyebabkan warna backtersebut menjadi tidak maksimal atau tidak solid dan untuk mengakalinya sudah di jeklaskan di atas, nah untuk warna yang bukan hitam akan lebih parah, bayangkan jika warna overprint adalah Cyan atau biru dan warna background Magenta atau merah yang di hasilkan bukan warna biru tapi ungu. Coba saja sendiri kalo ga percaya

4.   Warna Khusus adalah warna solid yang bukan keluarga CMYK yaitu seperti pantone dan lainnya, kadang kala juga merepotkan karena pada saat design warna khusus memang sangat baik apalagi warna khusus sangat sulit dibuat dengan warna CMYK, tapi hal ini yang menyebabkan pada saat design warnanya coklat tua tapi pada saat di cetak warnanya berubah jadi merah tua, anehkan…. Tapi hal ini sering terjadi apabila warna khusus dirubah ke warna CMYK, karna itulah penggunaan warna khusus hanya pada bagian text saja untuk mengminimalkan kesalahan warna, kerena jika text yang berwarna khusus bisa saja percetakan mencetak dengan warna khusus juga.

5.   Gambar Pecah sering terjadi apabila gambar yang digunakan hasil download atau emang resolusinya yang rendah jadi gambarnya tidak high quality, hal ini apabila diterusakan maka hasilnya akan sangat tidak memuaskan, memang kadang kala pada saat di computer memang terlihat tidak masalah atau baik, tapi pada saat cetak gambar demikian akan lebih rusaka atau pecah karena warnanya akan dibagi 4 warna jadi akan lebih keliatan pecahnya

6.   Resolusi Gambar bukan high quality akan menyebabkan hal seperti diatas, nah resolusi gambar yang tepat untuk design percetakan harus 300 lpi untuk design dan background atau 600 lpi untuk logo

7.   Penurunan Qualitas sering terjadi pada saat penyimpanan, misalnya pada saat design sudah dengan resolusi 300 lpi tapi pada saat save qualitinya di turunin supaya cepet maksudnya tapi hal itu jadi berpengaruh, walaupun resolusinya 300 lpi tapi gambarnya masih terlihat burem atau tidak jelas

8.   Format Data untuk percatakan format data yang aman adalah PDF dan JPEG, untuk PDF gunakan Press Quality dan untuk JPEG gunakan high quality dengan resolusi seperti diatas, aman di sini maksudnya untuk menghindari missing link dan missing font yang sering sekali kali terjadi, jika missing link ada beberapa program aplikasi yang tidak menjelaskan missing link-nya jadi begitu di cetak kadang-kadang ada gambar yang hilang, nah jika yang missing font sudah jelas jenis font-nya akan berubah ada program aplikasi yang merubah secara otomatis ada juga yang nanya dulu baru diganti, tapi tetep aja sangat berbahaya bila text nya berubah jenis font-nya.

9.   Lebihan Gambar sering lupa di berikan oleh design pro, lebihan ini amat sangat di perlukan minimal 3 mm dari garis potong atau bentuk jadi, lebihan gambar digunakan jika background atau ada gambar yang melewati garis potong, dimaksudkan apabila nanti setelah di proses cetak supaya hasilnya rapi maka catakan akan di potong pake mesin potong atau pisau pond, nah kan yang motong mesin dan kadang-kadang mesinnya bergeser sedikit untuk menghindari garis putih tanpa catakan pada bagian pinggir potongan maka diperlukanlah lebihan gambar.

10.   Paskris Register sering juga bikin masalah, design pro ada yang meremehkan hal ini, pada saat pembuatan paskris asal-asalan ada yang paskris atas dan bawahnya beda ada yang kanan dan kiri beda, padahal yang namanya paskris sangat fatal kalo ampe salah wah gak kebayang gimana kacaunya, paskris di gunakan hampir di semua proses cetak, pertama saat setting layout cetak untuk susunan mo jalan berapa mata, trus habis tu pada saat bikin plat untuk mesin cetak, pada saat cetak juga amat sangat penting bahkan pada saat potong, jika salah paskris bisa bisa ada bagian yang penting yang kepotong.

Nah ini semua hal yang kayanya kecil tapi kalo di lewatkan, bisa-bisa loe pade ganti rugi cetak ulang, kan rugi dari pada digunakan untuk cetak ulang kan mendingan buat jajan gw….ya kan.

Semoga bermanfaat ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: