Jenis Paskris Pada Layout Film

Paskris adalah tanda/garis bantu untuk proses cetak dari mulai layout film, mounting film, cetak, potong, lipat dan lain-lain.

Paskris berupa garis dengan ketebalan 0,25pt -0,5pt, panjangnya antara 3-7mm, jarak antara 1-2 mm, dan bentuknya ada satu garis, ada dua garis bertumpuk seperti tanda “+”, dan ada juga yang ditambahkan lingkaran kecil di tengahnya.

Ada beberapa jenis paskris yang biasa digunakan design repro, diantaranya ada;

1.       Paskris Potong

Paskris potong berupa sebuah garis yang berpasangan membentuk siku-siku, dengan ketebalan 0,25pt, panjang antara 3-5mm, dan jarak 2mm.

Paskris Potong adalah paskris yang harus ada dan pasti ada dikarenakan paling banyak fungsinya dari mulai layout output film, mounting film, sampai potong jadi.

2.       Paskris Center (tengah)

Paskris center berupa dua buah paskris yang bertumpuk “+” dengan lingkaran kecil ditengahnya, ketebalan garis 0,25pt, panjang 3-5mm, jarak dari garis potong 2mm dan lingkaran kecil antara 2-3mm.

Paskris jenis ini biasa di gunakan pada saat layout film, mounting film dan cetak, untuk menentukan tengah film dan cetakan.

 

3.       Paskris Bantu

Paskris bantu berupa dua buah paskris yang bertumpuk “+” atau hanya sebuah garis, ketebalan garis 0,25pt, panjang 3-5mm, dan letaknya bebas namanya aja paskris bantu jadi bisa ada dimana aja.

Paskris ini berfungsi sebagai paskris tambahan yang lebih banyak di gunakan oleh maounting film, biasa paskris ini akan di hapus pada saat cetak, tapi dalam keadaan tertentu digunakan untuk tanda finising, misalkan tanda porporasi, dan tanda pisau pond atau potong pisau.

4.       Paskris Sisir

Paskris sisir kedengaranya aneh tapi paskris ini ada, bentuknya hampir sama dengan paskris potong hanya saja berada di luar garis potong sebagai patokan untuk sisiran atau lebihan cetakan.

Paskris jenis ini biasa di temui saat layout buku, majalah atau bulletin yang ada proses lipat, jilit maupun lem panas.

 

5.       Paskris Lipat

Paskris lipat ukuranya jauh berbeda berupa sebuah garis atau garis yang bertumpuk “+”, dengan ketebalan 0,5pt, panjang 5-7mm, dan posisinya pada lipatan finising.

Paskris ini lebih jarang di lihat karena paskris ini hanya ada pada saat layout buku, majalah dan bulletin, dan hanya di gunakan oleh finising lipat.

Nah ini semua adalah paskris yang pernah dan saya ketahui, mudah mudahan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: