Cara mengkoreksi warna pada FA

Untuk setiap kali sebelum output, orang design repro atau setting layout selalu melakukan pemeriksaan FA yang mereka terima, sebelum di output ke matrial film atau plate di karenakan apabila ada kesalahan orang yang membuat FA tidak bisa di salahkan.
Salah satunya adalah pemeriksaan warna apakah sudah CMYK atau belum, sebelum memeriksa warna alangkah baiknya kita mendapakan SOP dari kepala produksi, untuk menentukan jumlah warna yang digunakan karena bisa jadi warna yang di gunakan bukan 4 warna (CMYK) tapi ada warna lain.
Cara yang biasa di gunakan berbeda-beda berdasarkan format file FA yang di terima.

•    jpg/tiff/jpeg/psd
Untuk format gambar seperti JPG/tiff/Jpeg/PSD bisa kita koreksi dengan cara membukanya di Adobe Photoshop dan melihat di windows/channels.

•     pdf
Untuk format PDF bisa di lakukan langsung pada Adobe Acrobat, dengan menggunakan toolbars output preview yang bisa di koreksi bukan hanya warnanya saja tapi juga presentasi CMYK bisa langsung di ketahui dengan menempatkan cursor mouse di atas warna yang ingin di ketahui komposisinya.

•    ai
Format AI adalah format untuk file Adobe Illustrator kita bisa menggunakan separations preview.

•    indd
Indd adalah format file dari Adobe InDesign sama seperti AI, menggunakan separations preview dengan kelebihan seperti PDF bisa mengetahui komposisi CMYK-nya.

•    cdr
cdr file adalah format untuk CorelDraw, untuk yang satu ini kami masih belum mengetahui pasti bagaimana mengkoreksinya secara cepat, biasanya kami merubahnya ke bentuk pdf, setelah itu di koreksi dengan menggunakan Adobe Acrobat.

 

Untuk lebih di perhatikan adalah warna hitam karena warna yang paling sering bermasalah adalah warna hitam, pada warna hitam ada opsi untuk overprint, opsi ini sangat merepotkan karena apabila salah penerapannya bukan hasil baik yang kita dapat malah sebaliknya kesalahan yang cukup merugikan.

Pemeriksaan/koreksi ini bertujuan agar warna yang digunakan sesuai dengan SOP, apabila ada kekeliruan pada saat output, misalkan yang di minta CMYK 4 warna ternyata terdapat warna khusus yang berukuran kecil hingga tidak terdeteksi, pada saat di output akan terjadi space/lubang pada bagian warna khusus, di karenakan terkadang operator film atai CTP hanya melihat gampangnya jadi langsung di output tanpa melihat kalo ada warna khusus selain CMYK.

Sebagai antisipasi pada saat output akan lebih bijak jika di output dalam format pdf jika terdapat tulisan yang cukup kecil atau jpg jika yang di cetak gambar dan tulisan yang cukup besar, dan langsung di rubah ke warna CMYK.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: