Rahasia warna hitam percetakan

Warna hitam adalah warna yang paling gelap diantara semua warna yang ada, tapi warna hitam juga merupakan warna yang paling sulit di cetak, ada banyak pantangan saat mensetting warna hitam.

Kami akan coba menjelaskan kenapa hal itu bisa terjadi dan pantangan apa saja yang di miliki oleh warna hitam, dari mulai setting sampai antisipasinya.

Warna hitam di dunia percetakan ada beberapa jenis, dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda karena jika salah menempatkan/menggunakannya maka akan terjadi kesalahan yang cukup fatal.

  • Hitam Overprint

Hitam overprint adalah hitam dengan komposisi black 100%, tapi warna hitam jenis ini bisa terlihat transparan mungkin pada saat di setting tidak terlihat pengaruhnya tetapi pada saat di cetak akan terlihat jelas perbedaannya, karena hitam jenis ini mampu memunculkan gambar atau warna yang ada di bawahnya jadi pada saat di cetak warna lain yang ada pada bagian bawah hitam overprint akan muncul, jadi seperti siluet.

Warna hitam overprint adalah saat warna hitam di gunakan untuk tulisan dan garis yang berukuran cukup kecil dan berada pada blok warna yang solid maksudnya adalah warna yang tidak memiliki gradasi dan juga bukan pada bagian gambar dengan perbedaan warna yang cukup jelas.

  • Hitam 100%

Hitam 100% seperti namanya sudah jelas dengan komposisi black 100%, hanya saja berbeda dengan hitam overprint untuk hitam yang satu ini warna lain atau background sama sekali tidak tampak, dikarenakan warna lain yang tertimpa warna hitam 100% akan di hapus, dengan demikian yang terlihat hanya warna hitam 100%.

Warna hitam 100% adalah saat warna hitam di gunakan pada bagian dengan latar belakang putih, dikarenakan warna lain akan di hilangkan jika warna hitam 100% ini dan jika di gunakan pada background yang berwarna akan beresiko terlihat warna putih tipis karena cetakan tidak selalu tepat alias bergeser sedikit.

  • Hitam +

Hitam + adalah hitam dengan tambahan warna biru atau dengan komposisi cyan 20% black 100%, warna hitam + muncul untuk antisipasi dari dua kelemahan yang di miliki hitam overprint dan hitam 100% di sebabkan sama seperti hitam 100% yang menghapus semua warna dan gambar yang tertimpa oleh warna hitam + hanya saja terdapat tambahan warna cyan 20%.

Warna hitam + adalah warna yang di gunakan untuk membuat blok atau bagian hitam yang cukup besar yang berada di atas gambar atau gradasi, dengan mengguankan hitam + diharapkan apabila cetakan meleset tidak akan memunculkan warna putih pada sisi luar blok, hitam + juga berguna untuk lebih memperjelas atau hitam yang dihasilkan akan lebih terlihat, tapi tidak jarang juga warna tambahan di ganti dengan magenta, apabila warna background agak gelap.

  • Hitam register

Hitam register sudah jelas hitam yang komposisinya cyan 100%, Yellow 100%, magenta 100% dan black 100%, warna hitam ini jelas lebih terang dan lebih terlihat diantara warna yang lainnya, hanya saja karena menggunakan semua warna, akibatnya warna jadi lebih lama kering dan mengakibatkan warnanya bisa nyekplak di cetakan yang lain.

Warna hitam register ini biasa di gunakan untuk paskris cetakan, dan jarang di gunakan pada bagian cetakan, hal ini di karena apabila di letakkan pada tengah cetakan mengakibatkan cetakan akan lebih cepat kotor apalagi kalo ukuran besar sudah pasti lebih parah.

  • Hitam 90%

Hitam 90% mungkin jarang di ketahui karena memang jarang di gunakan, disebabkan penggunaannya hanya untuk mengurangi tingkat kepekatan warna hitam, walaupun secara kasap mata tidak terlihat tapi warna hitam yang dihasilkan tidak terlalu pekat, jadi tidak warnanya tidak tembus ke bagian belakang kertas.

Warna hitam 90% biasa di gunakan untuk pembuatan buku dengan bahan kertas dengan gramatur atara 60-70gram, karena di nilai bahannya cukup tipis jadi jika menggunakan warna hitam 100% mengakibatkan warna tembus ke halaman di baliknya, di karenakan cara ini bisa di ganti dengan cara mengganti tinta hitam dengan tinta abu-abu, karena itu hitam 90% jarang di gunakan.

Semoga dengan mengetahui jenis warna hitam ini kita jadi lebih bijak dalam menggunakan warna hitam dan memilih jenis warna hitam yang tepat dengan fungsinya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: