Teknik lipat pada jilid buku

Jenis jilid buku ada banyak tapi yang menggunakan teknik lipat hanya ada 2, yaitu jahit kawat dan jahit benang untuk lem panas.
Teknik lipat digunakan untuk mempercepat dalam finising buku, hal ini dilakukan agar tidak terlalu banyak proses cutting dan proses sorter complete, kali ini kita akan bahas lipat 2 dan lipat 3.

Teknik lipat 2 adalah teknik lipat sebanyak 2 kali yang paling banyak di gunakan karena lebih mudah dan cepat, kami akan coba untuk memberikan cara mudah untuk mengingat format halaman yang biasa kami gunakan, pada dasarnya formatnya sama hanya saja untuk buku jahit kawat nomor terakhir halaman buku sebagai pengganti 8, dan untuk jahit benang tergantung menggunakan perberapa halaman jika per8 ya berarti tidak ada perubahan jika per16 berati ganti dengan 16 dan seterusnya.

Teknik lipat 3 adalah teknik yang jarang di gunakan karena butuh ketelitian yang lebih jika meleset sedikit berakibat sangat fatal, untuk lipat 3 memiliki 2 model yang biasa di gunakan tergantung jenis mesinnya, yaitu untuk 12 halaman dan 16 halaman.

Untuk teknik lipat 3 model 12 halaman biasanya di gunakan untuk buku dengan posisi horisontal karena teknik ini bertujuan untuk memaksimumkan bahan yang digunakan.

Untuk teknik lipat 3 model 16 halaman biasa di pakai apabila mesin lipat yang digunakan merupakan mesin besar dengan tiga sudut.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: