Perhitungan jahit benang pada buku

Jahit benang pada buku adalah cara yang dilakukan agar buku tidak mudah terlepas atau rontok, caranya dengan menjahit beberapa halaman menjadi satu bendel sebelum di lem panas.
Untuk jumlah halaman yang di jahit bisa berapa saja tapi biasanya dihitung berdasarkan jenis dan gramatur bahan, ada pula jumlahnya terdiri dari per8, per16, per24 dan per32 halaman.
Maksudnya adalah semakin besar gramatur bahan maka semakin sedikit halaman yang di jahit, dikarenakan harus di jahit terkadang jika terlalu tebal, jahitannya jadi kurang bagus dan membuat buku terlihat kurang rapi setelah di lem panas.
Untuk bahan HVS dengan gramatur dibawah 90gram biasa digunakan per24 dan per32 halaman, dan untuk gramatur 90gram sampai 100gram bisa menggunakan per16 dan per24 halaman, lain lagi untuk bahan ART PAPER biasa menggunakan per16 sampai per32 halaman dan untuk bahan ART CARTON biasa menggunakan per8 dan per16 halaman.
Untuk menentukan mana yang kita gunakan karena semua ada dua pilihan, kita bisa perkirakan jika jumlah bendel jahitan terlalu banyak akan mempengaruhi biaya produksi dan ketebalan punggung bukupun bertambah, tapi jika kita paksakan jumlah halaman satu bendel di perbanyak apakah jarum sanggup menembus ketebalan kertas.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: