Rumus punggung buku

Punggung buku adalah ukuran tebal buku, cara yang biasa digunakan untuk mengukur punggung buku adalah dengan membuat dummy atau contoh cetak dengan menumpuk bahan yang digunakan sesuai dengan jumlah halaman yang di buat, lalu mengukurnya dengan penggaris, mungkin cara ini bisa digunakan kalo bahan yang digunakan sudah tersedia, bagaimana jika bahan yang digunakan belum ada.

Ukuran punggung buku sangat penting apabila pada cover terdapat blok warna yang berbeda pada punggung buku antara cover depan dan cover belakang.

Setelah melakukan banyak percobaan dan perhitungan dengan disertai pengalaman yang cukup, kami mencoba menerka, merumuskan dan membuat perhitungan yang cukup baik, sebagai panduan kami untuk membuat punggung buku.

Akhirnya kami memiliki rumus yang cukup jitu yang biasa kami gunakan untuk mengukur ketebalan buku berdasarkan gramatur bahan isi buku yang digunakan.

Tebal Punggung = (0.0013 x gramatur kertas) x (jumlah halaman / 2) mm

Rumus diatas biasa digunakan untuk bahan HVS, kalo untuk bahan ART PAPER, hasil dari rumus diatas tinggal di bagi 2.

Tapi rumus diatas tidak bisa digunakan apabila buku tersebut menggunakan jahit benang pada lem panas,di karenakan terdapat lipatan dan benang jadi ketebalan buku bertambah.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: