Laminating

laminatingLaminating adalah sebuah proses yang dilakukan dengan tujuan untuk melindungi warna agar tidak mudah pudar disamping itu juga bertujuan untuk mempertahankan bahan cetakan dengan harapan cetakan bisa bertahan lebih lama, dengan cara melapisi bahan cetakan dengan plastik laminating.

Jika di lihat dari prosesnya, laminating bisa di golongkan menjadi dua jenis, diantaranya:

1.  Laminating Panas

Laminating panas adalah laminating yang biasa digunakan untuk cetakan offset dengan cara memanaskan bahan laminating dan merekatkannya atau menempelkannya ke bahan cetakan.

2. Laminating Dingin

Laminating Dingin adalah laminating yang biasa digunakan pada cetakkan ploter seperti banner dan sticker banner, prosesnya tidak menggunakan panas karena sudah terdapan lem perekat pada bahan laminating, jadi tidak diperlukan panas.

 

Sedangkan bahan laminating itu sendiri ada beberapa jenis, diantaranya:

1. Laminating Doff

Laminating Doff membuat warna cetakan jadi lebih teduh, redup, dan agak sedikit gelap, tapi bukan berarti warna jadi kurang baik malah sebaliknya cetakan jadi terkesan elegan, mewah, dan exclusive.  Laminating Doff biasa di peruntukkan pada cetakan yang mengutamakan kualitas biasa digunakan untuk Corporate Identity untuk mengesankan perusahaan berkelas atas karena bila di tambahkan emboss, spot uv, hotstamp, spot color, akan terlihat sangat exclusive, dan untuk banner biasanya untuk di luar ruangan atau ruangan dengan pencahayaan paling terang dengan harapan warna menjadi tidak terlalu terang bila terpapar cahaya lampu atau matahari.

2. Laminating Glossy

Laminating Glossy membuat warna jadi lebih cerah, terang, dan semarak, biasanya laminating ini di gunakan pada brosure, flyer, poster, dll, dengan tujuan untuk menarik perhatian dengan warna yang mentereng, karena laminating ini kurang begitu baik bila ditambahan emboss, spot uv, hotstamp, spot color, hal ini membuat laminating ini lebih mudah dan cepat untuk cetakan dalam jumlah banyak.

3. Laminating Tekstur

Laminating Tekstur jelas sangat berbeda dari dua laminating di atas, karena membuat cetakan menjadi sangat berkelas, dengan beragam jenis dari mulai tekstur kulit jeruk, kanvas, gliter, sampai hologram dan banyak lagi yang lainnya, membuat cetakan terasa beda dari yang lainnya.

Demikian sedikit informasi yang berhasil dikumpulkan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: